Minggu, 22 Juni 2008

Mau ke Pasar Cinde?????


eng..ing..eng..Nathan ikut ke pasar...he,he.Mamanya beneran deh, anak kecil diajak ke pasar...mungkin teman2 jg banyak ya.Aku lebih kepada spy dia tau, macam-macam barang yg dijual di pasar, dari yg kering-basah,yg hidup-mati (ceile),he,he,lebih lagi spy dia tau mama nya rela berkotor dan berbecek ria, trus masak lagi sampe di rumah guna menyuguhkan yg enak dan sehat buat keluarga, betul tdk ibu-ibu....he,he

Ini lokasinya di pasar cinde-palembang.pasar Cinde ini, pasar terbesar di palembang. Semua nya lengkap-kap di sini, di bagian bawah dan luarnya, pasar ini menjual semuanya, dari kue,masakan, sayur-mayur mentah,buah-buahan (paling banyak di antar pasar lain), juga mahluk hidup lain, seperti ayam,ikan-ikan, juga yang lain, seperti daging,kepiting,sampe kebo juga ada..Pokoknya lengkap. Di luarnya banyak juga yang jual besi-besi buruk,perlengkapan/onderdil,plastik-plastik sampe tukang sol sepatu,tukang bikin kunci,tukang jam,tukang nama pun ada di sini..Tapi pasar ini gak bisa dibilang bersih sih...karena ya, becek sekalee..

Di bagian atasnya ada toko-toko yg menjual beraneka ragam juga, biasanya sih kebanyakan toko pakaian, seperti untuk tentara,pramuka, trus toko-toko jahit,perlengkapan pertanian dan..nah yang ini yg suka saya kunjungi, toko loyang.Bapak yg jual orangnya baik, kalo ditawar-tawar, suka gak tega,he,he,sambil tersipu-sipu malu kalo diajak becanda,makasih ya pak, suka dikasih diskon...Tbk di Palembang spt Anggrek jg suka pesan dgn dia.

Yang bikin pasar ini paling beda mungkin karena banyak nya jenis ikan yang dijual di sini, gak spt pasar lain yg cm sedikit2 saja/tertentu. Kalo di sini bisa dibilang semua ada, trus pusatnya ikan gabus juga, ada ikan patin sungai (yg gede-gede),kalo di pasar lain seringnya cm patin biasa aja ada, trus ikan bilis,ikan lele dumbo,ikan seluang (enak loh digoreng), ikan lais,dll. Berikut aku tunjukkan foto-fotonya.

Siapa tau ada yg mau liburan ke Palembang, perlu tau dong pasar terbesar di sini, tul gak...(kalo doyan ke pasar,he,he)

yang paling atas namanya ikan belido (ikan ini enak banget kalo dibuat pempek, n harganya mahal jg, bisa-bisa 1/2 kg dagingnya aja 55rb)Kalo buat pempek dgn daging ikan ini, pempek jadi kering dan wangi sekali..

Yang di tengah namanya ikan lais, kecil-kecil begini harganya 35 rb loh sekilo,karena emang enak banget apalagi digoreng garing,kalo yg gedenya biasa dibuat pepes tempoyak,waahhhh yg bukan org palembang, pasti tambah bingung apaan lagi tuh... Gara-gara lihat aku foto-foto tuh abangnya jadi turunin harga jadi 25 rb aja,he,he,lumayaaaaann kan

Kalau yg paling bawah namanya ikan bilis. Aku gak pernah masak ikan ini, karena dengar mertua bilang, masaknya lama bener trusss, ditepungin satu-satu, goreng dgn api kecil...waduh..skrg gas kan mahal, jadi mendingan beli yg jadi deh, 1 ons nya 8rb, lbh mahal sih emang,he,he





nah yang di atas ini namanya ikan gabus, biasa dibuat pempek atau enak juga dipindang.Kalo dipindang, misua ku pasti minta kepalanya,he,he,he.

Nah yang di tengah namanya ikan patin, mungkin di kota lain juga ada, tp gak tau sama gak tuh? yang ini namanya sih patin sungai, beda loh dengan patin biasa.Patin biasa lebih kecil dan lebih murah. Kalo patin sungai lebih gede, dan harganya lebih mahal,trus kelebihannya, patin sungai lebih jarang yang bau tanah, ketimbang patin biasa. Tp kalo bisa milihnya, patin biasa jg banyak kok yg gak bau tanah, besok rencananya mau masak pindang patin nih, ntar kuposting deh..

sebelahnya, namanya ikan seluang.Ikan ini pasti ngetop se Indonesia ya, krn tiap resto Palembang, di manapun umumnya ikan ini menjadi salah satu menu. Di Palembang juga kok, dan cara masaknya juga gampang, cm digaramin, trus panaskan minyak,goreng ikan dgn api kecil sekali, sampai garing, trus simpen di wadah tertutup rapat, spy gak lempem.

Pasar Cinde juga menjadi pusat penjualan kue-kue dan makanan ringan lainnya, seperti pempek. Kalau kalian perginya jam 5 pagi begitu, kuenya masih murah-murah sekali, beneran loh, aku juga bingung gimana caranya, secara bhn kue dah mahal sekaleee. Kalau utk pempek sih baiknya bikin sendiri saja (anjuranku). Nah di sini juga pusat kemplang, lihat tuh banyak amat kan jualannya. Bisa cicip dari yg termurah dan yg termahal, yg jelas ada rasa ada harga.

Oke deh yang mau ke Palembang, jgn lupa ke sini ya..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Masih ada ikana belida ya disana???? Mantap2.... Dipancing asyik tuh ikan....